Pages

Senin, 05 Maret 2012

“Proses Pengolahan Minyak Sereh Wangi Menjadi Reed Difusser Stick Aroma Theraphy”.

Latar Belakang
Pada jaman globalisasi, masyarakat kini tengah mencari produk terapi yang mudah dikonsumsi dan tidak menimbulkan efek samping pada kesehatan untuk mengatasi segala stres yang terjadi akibat kepenatan yang timbul akibat aktivitas kerja sehari – hari. Produk – produk aroma terapi saat ini menjadi salah satu produk yang diburu oleh masyarakat. Produk – produk tersebut kini semakin beragam dan menjelma menjadi berbagai macam bentuk yang mudah dikonsumsi dan sangat fleksibel. Banyak sekali produk – produk terapi yang memanfaatkan ekstrak dari tumbuhan tertentu yang berkhasiat merelaksasikan otak dan rohani serta membuat efek kesegaran dan kenyamanan bila mana kita menghirup aromanya. seperti lilin aroma terapi, produk kosmetik aroma terapi seperti lotion, sabun mandi, lulur, dan lain – lain. Saat ini juga telah dikembangkan produk aroma terapi yang sangat praktis dan memiliki banyak keuntungan bila dikonsumsi. Produk tersebut adalah Reed Difusser Stick Aroma Theraphy.
Reed Difusser Stick Aroma Theraphy merupakan produk terobosan baru dari perkembangan produk – produk aroma terapi sebelumnya. Reed Difusser Stick Aroma Theraphy adalah alternatif terbaik untuk mengganti lilin aroma terapi (Vibrant scents) yang terkadang dalam penggunaannya dapat mengeluarkan asap hitam, dan menyebabkan sesak nafas karena konsentrasi asap pembakaran yang tidak sempurna serta merusak estetika produk rumah tangga seperti menyebabkan furniture berdebu hitam akibat abu juga langit – langit rumah yang berwarna hitam.
Selain itu lilin aroma terapi juga dapat menimbulkan resiko kebakaran pada ruangan atau rumah. Reed Difusser Stick Aroma Theraphy adalah suatu sistem aroma terapi yang akan menghantarakan aroma dari minyak ekstrak tumbuhan yang kita pilih untuk di uapkan ke udara dan menimbulkan aroma terapi yang menenangkan tergantung dari karakteristik aroma minyak ekstrak tumbuhan yang dipilih. Sistem penguapan ini sama sekali tidak memerlukan proses pemanasan atau pembakaran. Hal ini memberikan Reed Difusser Stick Aroma Theraphy keunggulan karena aman dikonsumsi dan tidak merusak furniture rumah tangga. Selain itu, Reed Difusser Stick Aroma Theraphy merupakan produk yang fleksibel karena dapat ditempatkan di manapun seperti di ruang tamu rumah, ruang kerja, ruang makan, kamar tidur dan ruangan pribadi sekalipun. 

Tujuan
Tujuan dari pembuatan Reed Difusser Stick Aroma Theraphy adalah untuk menggantikan lilin aroma terapi yang masih memiliki banyak kekurangan dalam pemakainnya. Selain itu tujuan dari produk Reed Difusser Stick Aroma Theraphy adalah melakukan pengemasan yang baik terhadap produk tersebut dimana terdapat kesesuaian antara bahan kemasan dan produk yang akan dikemas.

 Komoditas Sereh Wangi
Sereh wangi termasuk dalam kingdom Plantae dan sub kingdom Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh) dalam system klasifikasi makhluk hidup, tumbuhan sereh wangi dalam pembiakkannya menggunakan biji oleh karenanya sereh wangi termasuk dalam super divisi Spermatophyta (tumbuhan yang menghasilkan biji) dan termasuk divisi Magnoliophyta karena dapat menghasilkan bunga. biji yang dihasilkan oleh tumbuhan sereh wangi berkeping satu/monokotil maka tumbuhan ini termasuk dalam kelas Liliopsida dengan sub kelas Commelinidae dan berordo Poales. Tumbuhan sereh wangi termasuk jenis tumbuhan rumput – rumputan (family Poaceae) bergenus Cymbopogon. Tumbuhan sereh wangi dapat tumbuh baik dengan ketinggiann 200 – 1000 meter diatas permukaan laut. Namun ketinggian idealnya skitar 350 – 600 meter diatas permukaan laut. Tumbuhan sereh wangi tumbuh di iklam panas yang lembab dengan curah hujan yang merata sepanjang tahun (1800/2500 mm/tahun). Suhu ideal yang baik bagi pertumbuhan tumbuhan sereh wangi berkisar antara 16 - 28 C. Penyinaran oleh sinar matahari terhadap tumbuhan sereh wangi sangat baik karena dapat meningkatkan kandungan minyak pada daunnya. tumbuhan sereh wangi dapat tumbuh baik ditanah datar yang rata dan mengandung unsur hara , air yang cukup dengan derajat keasaman (pH) tanah sekitar 6.0 hingga 7.5.
Sebagian besar masyarakat mengenal sereh wangi sebagai bahan yang digunakan untuk bumbu penyedap makanan untuk memberi cita rasa dan aroma tertentu pada makanan. Hanya sebagian kecil yang telah mengetahui manfaat sereh wangi sebagai bahan baku utama untuk membuat citronella oil yang nilainya lebih tinggi dari pada hanya sekedar menjadi bumbu dapur.
Citronella oil yang dihasilkan oleh sereh wangi mempunyai bermacam – macam kegunaan diantaranya dapat menjadi bahan baku untuk industri kosmetik, industri essence, industri parfum, bahan penyusun wangi – wangian, industri farmasi, obat – obatan tradisional, minyak gosok , insektisida, obat anti nyamuk dan lain lain. Tanaman sereh wangi di Indonesia memiliki nama daerah yang berbeda – beda diantaranya serai (Jawa, Madura, Gayo), sarai (Minang), sorai (Lampung), sereh (Sunda), see (Bali), patahampori (Bima), kedoung witu (Sumba), nou sina(Pulau Roti) dan tenian nalai (Pulau Leti). Tanaman sereh wangi di manca Negara dikenal dengan citronella gross.
 Tumbuhan sereh wangi jenis mahapengiri dan lenabatu mengandung berbagai macam senyawa kimia diantaranya adalah sitronellal, geraniol, elemol, asam geranyl, limonene, β-elemen, citronelly acetat dan eugeno, mirsen, nerol, farnesol, metil heptenol, dipenten, n-desialdehid, linalool, metal heptenon, dan senyawa-senyawa lain dalam jumlah yang kecil. Sedangkan komponen senyawa utama dari tumbuhan sereh wangi adalah senyawa sitral, geraniol, sitronellal dan sitronellol. Minyak sereh wangi sendiri mempunyai beberapa sifat kimia yang dipengaruhi oleh komponen senyawa utama. Bila sifat kimia minyak sereh wangi berubah maka hal tersebut merupakan ciri dari kerusakan minyak sereh akibat adanya penurunan mutu minyak.
Senyawa geraniol dan sitronellal yang terkandung dalam sereh wangi sangat menentukan intensitas bau, harum, serta nilai harga minyak atsiri. Sereh wangi jenis mahapengiri yang mengandung senyawa geraniol dan sitronellal lebih tinggi digunakan dalam industri, terutama sebagai pewangi sabun, sprays, desinfektans, pestisida nabati, bahan pengilap, peningkat oktan BBM dan aneka ragam preparasi teknis.
  
Bahan Kemasan Untuk Produk Reed Difusser Stick Aroma Theraphy
Dalam pembuatan kemasan untuk aroma terapi atau pengharum ruangan dari sereh wangi ini dgunakan beberapa jenis bahan pengemas. Bahan yang digunakan yaitu gelas dan kertas karton yang dilapisi dengan kertas tyvex.
Bahan kemasan pertama untuk produk yang dipakai adalah gelas. Sebagai bahan kemasan, gelas mempunyai kelebihan dan kelemahan.
Kelebihan kemasan gelas adalah :
1. Kedap terhadap air, gas , bau-bauan dan mikroorganisme
2. Inert dan tidak dapat bereaksi atau bermigrasi ke dalam bahan pangan
3. Kecepatan pengisian hampir sama dengan kemasan kaleng
4. Sesuai untuk produk yang mengalami pemanasan dan penutupan secara hermetis
5. Dapat didaur ulang
6. Dapat ditutup kembali setelah dibuka
7. Transparan sehingga isinya dapat diperlihatkan dan dapat dihias
8. Dapat dibentuk menjadi berbagai bentuk dan warna
9. Memberikan nilai tambah bagi produk
10. Rigid (kaku), kuat dan dapat ditumpuk tanpa mengalami kerusakan
Sedangkan kelemahan kemasan gelas adalah sebagai beikut :
1. Berat sehingga biaya transportasi mahal
2. Resistensi terhadap pecah dan mempunyai thermal shock yang rendah
3. Dimensinya bervariasi
4. Berpotensi menimbulkan bahaya yaitu dari pecahan kaca.
Bahan kemasan berikutnya yaitu karton bergelombang yang dilapisi dengan ketas tyvex. Penggunaan karton bergelombang untuk kemasan tersier karena sifatnya yang kuat sehingga memudahkan untuk penyimpanan dan pendistribusian. Adanya lapisan kertas tyvex dimaksudkan agar kemasan lebih menarik, karena kertas tyvex ( kertas yang dilapisi HDPE ) mempunyai sifat yang cocok untuk di print gambar sehingga kemasan akan terlihat lebih menarik. Selain itu, kertas tyvex juga mempunyai sifat inert yang baik terhadap kotoran dan bahan kimia.

Komposisi Produk Reed Difusser Stick Aroma Theraphy
Sereh wangi yang sudah diekstraksi menjadi minyak sereh wangi atau critonella oil mempunyai beberapa senyawa penyusun yang dominan diantaranya adalah geraniol, sitronellol, sitronellal, beberapa senyawa asam (geranil asetat, sitronelil asetat), senyawa aldehid (isovaleraldehid) dan senyawa turunan alkohol lainnya seperti metil eugenol, disitroneloksida dan lain – lain. Selain itu, sifat minyak sereh wangi mudah menguap sama seperti jenis minyak atsiri lainnya. Kandungan alkohol yang terkandung dalam citronella oil ini cukup banyak karena alkohol merupakan pelarut utama pada citronella oil agar lebih mudah didifusi.
Kayu difusser (kayu untuk menguapkan aroma terapi dari citronella oil) yang digunakan adalah kayu rotan yang mempunyai banyak rongga dan tahan lama serta tahan terhadap pelapukan dan konsentrasi zat cair maupun kimia.

Keunggulan Produk
Sebuah produk pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Kelebihan dari produk Reed Difusser Stick Aroma Theraphy adalah sebagai berikut:
1. Tidak menghasilkan jelaga ataupun asap yang dapat menggangu pernafasan seperti lilin aroma terapi
2. Menggunakan bahan kemasan gelas sehingga bersifat inert dan mengurangi penguapan yang berlebihan, serta berwarna transparan sehingga dapat diketahui dengan mudah kapan cairan difusser atau citrnella oil harus diisi kembali.
3. Penguapan yang dilakukan lebih baik sehingga wangi yang dihasilkan lebih menyebar.
4. Selain sebagai pewangi juga dapat sebagai hiasan karena memiliki estetika yang baik.
5. Meminimalisir penggunaan bahan kimia berbahaya dengan menggunakan bahan-bahan alami yang aman bagi kesehatan
6. Terdapat bentuk isi ulang atau refill dan premium, sehingga memberikan pilihan sesuai kebutuhan konsumen.
7. Aroma dan kesegarannya tahan lama hingga beberapa bulan.
8. Bahan kemasan disesuaikan dengan produk sehingga kinerja produk dapat maksimal.

Kesesuaian Sifat Produk dengan Kemasan
Produk Reed Difusser Stick Aroma Theraphy yang dihasilkan adalah Critonella Reed Difusser Stick Aroma Theraphy. Produk ini memakai minyak ekstrak sereh wangi (Critonella Oil) yang menawarkan kesegaran aroma terapi sekaligus aroma untuk pengusir serangga. Sehingga dengan adanya produk Critonella Reed Difusser Stick Aroma Theraphy dapat memberikan suasana nyaman dan jauh dari gangguan serangga Critonella Reed Difusser Stick Aroma Theraphy menggunakan wadah tembus pandang berbahan gelas yang merupakan tempat untuk mewadahi minyak critonella (minyak difusser) yang ingin dijadikan aroma terapi.
Kayu difusser yang gunakan adalah kayu yang berasal dari rotan. Penggunaan kayu rotan memungkinkan minyak difusser untuk dengan mudah terserap dan menyebar ke udara dan dapat menghasilkan dispersi aroma yang sangan baik. Lalu beberapa batang rotan (5 sampai 10) dimasukkan kedalam wadah gelas berisi minyak critonella tersebut. Fungsi dari batang rotan tersebut adalah sebagai penarik cairan aroma terapi dari bawah ke atas (daya kapilaritas).
Produk ini terdiri dari dua komponen yaitu kayu rotan (kayu difusser), citronella oil (minyak diffusser). Berdasarkan komponen produk , kemasan primer untuk masing – masing komponen dan satu wadah gelas untuk pemakaiannya. kemudian semua item dikemas didalam kemasan sekunder untuk memudahkan distribusi, penyimpanan dan transportasi. Juga untuk mengemas dan menjaga barang agar tidak rusak selama proses pengangkutan dan penyimpanan berlangsung sampai ke konsumen.
Produk ini memberikan kemasan primer untuk kayu rotan berupa tali pengikat. Tali pengikat ini berfungsi untuk menyatukan kayu rotan agar terlihat rapih dan elegan karena bahan tali yang dipakai adalah pita cina yang memiliki pilihan warna. Batang rotan yang berjumlah sepuluh buah diikat memakai tali pita cina yang berwarna jingga sehingga memberikan efek elegan. kemudian minyak difussernya sendiri dikemas didalam botol berbahan gelas yang bersifat inert karena komposisi minyak difusser yang mengandung bahan kimia yang mudah menguap dan bereaksi. Kemudian untuk kemudahan penggunaan dari Critonella Reed Difusser Stick Aroma Theraphy ini, disediakan wadah gelas yang bernilai estetika tinggi dan sangat tembus pandang sehingga bisa melihat proses diffusi dari minyak diffusser dengan kayu rotan. Keuntungan lainnya yang didapatkan adalah dapat mengetahui dengan mudah kapan minyak diffusser akan habis dan perlu diisi kembali.
 
Kesimpulan
Tumbuhan – tumbuhan atsiri adalah salah satu komoditas pertanian yang sangat diminati oleh pasar industri di seluruh dunia. Hal ini disebabkan komoditi tersebut dapat menghasilkan bahan penting yang digunakan untuk bahan baku berbagai macam industri – industri besar di dunia seperti industri parfum, kosmetik, sabun, aroma terapi, obat dan lain – lain. Bahan penting tersebut adalah minyak atsiri.
Produk Reed Difusser Stick Aroma Theraphy adalah salah satu pengembangan dari produk minyak atsiri. Produk ini berasal dari minyak sereh wangi dan komponen-komponen alami lain yang tidak berbahaya bagi kesehatan. Produk Reed Difusser Stick Aroma Theraphy memiliki kelebihan dibandingkan dengan lilin aroma terapi salah satunya adalah lebih alami lebih bersih dan tahan lama. Dengan menggunakan rotan sebagai diffuser akan memaksimalkan penyerapan citronella oil sehingga aroma akan tersebar dengan baik.
Produk Reed Difusser Stick Aroma Theraphy dapat dikemas dengan kemasan yang sesuai dengan sifat fisik kimia produk. Karena produk mudah menguap maka dipilih kemasan primer berupa botol kaca yang sangat inert terhadap cairan dan gas. Selain itu sifatnya yang transparan akan memudahkan konsumen untuk mengetahui saat citronella oil habis dan perlu diganti. Untuk kemasan sekunder dipilih kemasan yang berasal dari bahan kemasan karton yang dilapisi dengan ketas tyvex. Penggunaan karton untuk kemasan terier karena sifatnya yang kuat sehingga memudahkan untuk penyimpanan dan pendistribusian. Lapisan kertas tyvex diberikan agar kemasan lebih menarik, karena kertas tyvex ( kertas yang dilapisi HDPE ) mempunyai sifat yang cocok untuk di print gambar sehingga kemasan akan terlihat lebih menarik. Selain itu, kertas tyvex juga mempunyai sifat inert yang baik terhadap kotoran dan bahan kimia.


2 komentar:

Joko Prasetyo mengatakan...

perdana ini ya???
silahkan mampir di blog Q juga ya
1. http://www.gafar.info
2. http://lowongankerjaindustri.blogspot.com
yang lain kapan aja di kunjungin ya,,,

GILBERTO mengatakan...

Ok Brow.

Poskan Komentar

Mohon Maaf... Apabila Blog Ini Jarang Di Update Karena Kesibukkan Saya Saat Ini. Thanks...